IdeaJournal 5: Revisi Hehe

Halo, blog! Kembali lagi dengan menay dan idenya.

Jadi, kemarin pas CT kita ada tugas untuk melakukan riset kecil mengenai ide kita. Nah, ide gue sebnelumnya adalah tentang musik di KRL, dimana gue mengharapnya orang-orang di KRL bisa mendengar musik tersebut dan bisa juga jadi koping stress mereka.

Tapi, hasil dari tanya-tanya, ternyata ada beberapa masalah dalam gue melakukan ini:

  1. Kebanyakan orang di KRL akan menggunakan earphone dan sibuk sendiri, jadi gak bakal merhatiin musik itu
  2. Gak semua orang suka dengan lagu KRL yang dipilih. Bisa aja justru dia malah benci lagu genre tersebut yang akhirnya bikin stress (?)


Yang utama sih dua poin itu. Akhirnya, gue memutuskan untuk melakukan riset lagi dan mengganti beberapa bagian sana-sini. Gue melakukan riset dengan mengajukan beberapa pertanyaan di twitter dengan hasil sebagai berikut:








Pengguna KRL sudah menganggap bahwa mendengar lagu bisa menjadi suatu hal untuk mengatasi stress. Namun, setelah dilihat emang pengguna KRL lebih suka menggunakan hape sendiri dan lagu yang mereka suka sendiri untuk koping stress mereka di perjalan pulang. Selain itu, mereka juga mau membagikan lagu yang mereka sukai dan mereka anggap dapat menjadi koping stress. Dan tertarik mendengarkan lagu yang dishare oleh orang lain (meski masih lebih banyak yang maunya lagu dengan genre sama).

Jadi, gue memutuskan merombak ide gue kemarin dan maunya sih bikin semacam aplikasi “message in a bottle” tapi tentang playlist to commute gitu. Nah, bedanya dari spotify adalah disini kita bisa kasih pesan sendiri buat penerima playlist kita dengan voice note, atau bisa juga teks atau Cuma judul playlistnya aja. Jadi kita juga bisa tau kenapa orang lain suka lagu tersebut, dan kita juga bisa share lagu yang kita nikmati kayak gue cerita tentang lagu Ade Avery yang Afterhour.

Playlist ini juga bisa diatur dapetnya disamain dengan genre kesukaan atau enggak, dan juga bisa diatur tentang “what you like about this song” misalnya dari melodi atau liriknya. Bisa juga throw satu lagu atau track aja dan kasih deskripsi. Jadi, kita bakal bisa dengerin lagu yang emang kita mau dengerin, jadi kita bisa discover new songs juga.

Sekian CT hari ini. mudah-mudahan sudah fix ya, atau mungkin kalau ada ide lain yang jadi saran bisa masukin di komen. See you!

Comments

Popular Posts