IdeaJournal 6: Langkanada



Halo, Blog!

Sekarang sudah memasuki Idea Journal yang kesekian. Jadi, di pertemuan sebelumnya di kelas, kita berkelompok berdua-berdua dan saling sharing mengenai ide kita. Gue kemudian sharing dengan Rifa mengenai ide gue, yaitu tentang aplikasi gue yang throwing music playlist on a bottle gitu. Gue masih bingung sih nama aplikasinya mau apa, tapi coba gue mau uraikan:

- Aplikasi ini buat saling share lagu ke stranger, untuk mereka dengerin di jalan
- Targetnya buat pengguna KRL, TJ, MRT, LRT atau moda transportasi umum lainnya
- Musiknya bisa disesuaiin dengan selera orang-orangnya sendiri

Gue masih bingung aplikasinya namanya mau apa, untuk sementara sih nama aplikasinya mau:

Langkanada (melangkah dalam nada)

Big Idea gue, untuk sementara: “With music, we can help each other heal on their way home” Jadi intinya musik bisa membantu kita buat saling heal diri di jalan pulang.

Untuk ngejelasin banget kalau aplikasi ini untuk dipakai mendengarkan lagu (nada) saat kita di jalan (melangkah).

Nah, kalau masukan dari Rifa kemarin adalah untuk menekankan lagi kalau aplikasi ini emang buat commute di jalan, lebih bagus kalau promosiinnya itu di stasiun-stasiun, di KRL, atau di halte TJ. Bagus sih, gue juga baru kepikiran juga buat promosiinnya di sana. Sepertinya bagus juga buat orang-orang yang sempet share playlistnya atau musik favoritnya, serta pesannya ke orang lain, dan orang lain itu merasa terbantu dengan lagu dan pesan dari orang itu, bisa share dan nantinya bakal masuk ke layar KRL sebagai promosi juga.

Terus, gue juga memberi Rifa saran mengenai idenya dia. Dan, melalui saran gue ke Rifa gue juga jadi punya ide baru untuk ide gue. Jadi, gue kasih ide ke Rifa untuk roadshow mengenai aplikasi dia dan mental health (kalau Rifa mental healthnya tentang panic attack) ke kampus-kampus. Kalau gue, gue baru kepikiran bikin event intimate gigs di stasiun-stasiun MRT atau stasiun KRL. Atau sekitaran situ deh, misalnya yang di deket stasiun sudirman itu.

Gue juga berpikiran untuk bikin talkshow seputar music and mental health (terutama stress) yang terbuka untuk umum di titik-titik umum kayak Mblocspace atau spot-spot kreatif lainnya. Disitu juga bisa adain gigs kecil sesuai dengan musisi-musisi yang sering dishare lagunya di aplikasi. Buat sementara sih aplikasi ini terpusat buat Jabodetabek dulu, tapi gak menutup kemungkinan untuk berkembang ke daerah-daerah lain.

Untuk sementara sih ide yang gue dapet baru segitu. Mudah-mudahan sih semakin lama semakin berkembang, ya. Thank you, selamat kuliah onlen gais!

Comments

Popular Posts