IdeaJournal 3: Self-Love

tap for source


Halo, Blog!

Sebelum masuk ke idea journal minggu ini, gue mau share dulu ide yang baru gue dapet hasil dari yang gue pikirkan baru-baru ini! Agak excited karena kemarin-kemarin gak tahu mau bikin ide apa, dan sekarang akhirnya dapet ide juga.

Jadi kan awalnya gue bingung apa yang mau gue bikin di idea journal karena interest gue musik jadi bingung mau nyambungin kemana. Tapi kemarin pas di kelas, ternyata interest Chrystie sama kayak gue yaitu musik, dan dia bisa-bisa aja nemuin ide gitu. Akhirnya gue ketrigger dong.

Nah terus pas mikir-mikir, gue jadi keinget tentang musik jazz di KRL (yang belakangan ini heboh karena masalah musik itu haram). Sebenernya menurut gue musik jazz di KRL itu bagus banget, karena enak, bikin gak sepi, dan kita gaperlu make earphone (make earphone kelamaan itu gak baik tauk wkwk). Masalahnya, gue tuh bosen sama musik KRL yang itu-itu aja diulang gue sampe hapal. Padahal kalo soal instrumental tuh banyak tau musisi Indonesia yang bikin instrumental jazz keren kayak Barry Likumahuwa, Ade Avery, Dimas Pradipta dan sebagainya. Terus siapa tau ada orang lain yang pengen request musik juga di KRL, makanya gue kepikiran membuat sistem supaya penumpang KRL bisa request lagu di KRL kayak di restoran mujigae. Nah ide gue baru sampe situ tuh tadinya, lanjut nanti ya wkwk

Sekarang kita bahas mengenai idea journal minggu ini! Jadi, kemarin udah ditentuin topik besarnya adalah mengenai MENTAL HEALTH. Gue sebenarnya sudah cukup familiar dengan isu mental health. Jadi, mental health atau kesehatan mental ini berkaitan erat dengan kondisi kejiwaan seseorang. Ini juga termasuk kesehatan loh, untuk itu gak boleh dinomorduakan karena kesehatan mental sama pentingnya dengan kesehatan fisik. Soalnya, yang gue lihat sih banyak orang gak begitu peduli dengan kesehatan mental ini dulu… sekarang sih sudah mulai aware akan isu mental health.

Mental health kalau menurut gue yang paling mendasar itu mengenai stres dan koping individu. Jadi intinya, kesehatan mental individu itu bisa dijaga dengan memanajemen stress dengan koping yang adaptif individu itu sendiri. Gue mau fokus ke mental health diri yang bisa terganggu karena pandangan kita sendiri terhadap diri kita. Kalau kita merasa diri kita gagal, gak menghargai dan punya pandangan negatif terhadap diri sendiri, hal itu bisa jadi stressor, nimbulin stres dan bisa juga menimbulkan masalah kesehatan mental lainnya seperti depresi dan bahkan risiko bunuh diri.

Salah satu yang menarik perhatian gue juga adalah bahwa sikap orang lain terhadap kita, dan apapun yang kita alami juga bisa membuat kita stres sendiri. Misalnya, diomelin sama dosen atau atasan, stress karena banyak kegiatan yang gak kelar-kelar, dan sebagainya. Nah kalau ini kan kita gak bisa selalu mengontrolnya, untuk itu kita butuh manajemen koping yang baik untuk mengatasi stress.

Kalau pengalaman gue sendiri sih gue pernah stres banget, dan biasanya sama kuliahan. Kalau kayak gitu, gue bakal melakukan mekanisme koping gue dengan makan makanan enak, juga nonton konser kalau bisa (beneran deh, nonton konser tuh mekanisme koping gue banget. Selain itu, dengerin musik biasa kalau lagi penat atau pusing ada masalah juga lumayan ampuh buat mengatasi stres gue. Emang sih masalah tersebut bakal tetep ada dan harus diselesaikan, tapi seenggaknya beban udah berkurang dan berkurangnya dengan koping yang adaptif atau gak merusak.

Dan koping yang terpenting jika mengalami stres karena hal-hal tersebut adalah belajar mencintai diri sendiri dan menghargai diri sendiri. Salah satu hal yang menurut gue bagus adalah lagu Kunto Aji yang judulnya Rehat. Lagu itu bagus banget sih untuk mengingatkan kita untuk istirahat dan menghargai kita sendiri. Gue lihat juga banyak yang merasa tenang dan stress nya lumayan teratasi dengan lagu tersebut.

Gue juga punya pengalaman yang terkait dengan lagu sebagai koping untuk mengatasi stress ini. Jadi, karena gue suka dengan musik jazz KRL namun bosan dengan musik jazz KRL yang itu terus diulang-ulang, akhirnya pas pulang naik KRL, gue cari-cari dan bikin playlist sendiri yang isinya instrumental band jazz-funk-gospel anak band Indonesia. Nah, terus gue nemuin lagunya Ade Avery yang judulnya Afterhour. Pas denger lagu itu, entah kenapa gue merasa tersentuh(?) banget. Lagu ini emang gaada liriknya, tapi dengan judul dan musik yang seperti itu membuat gue menginterpretasikan seolah musiknya mau ngomong gini ke gue:

"You've done your best today, and now it's time to take a rest."




Menurut gue ini juga merupakan sebuah bukti kalau musik tuh bisa bantuin kita untuk mengatasi stress. Gue pengen banget sih orang lain di KRL merasakan yang gue rasakan. Emang sih gue gatau apa aja yang mereka lalui di kantor atau kampus mereka, tapi pasti mereka capek banget di perjalanan pulang. Siapa tau, musik juga bisa mengatasi beban dan rasa penat mereka di perjalanan pulang.

Sekian IdeaJournal mengenai Mental Health ini! Emang belom terbayang sepenuhnya sih ide gue bakal jadi apa, tapi seenggaknya mulai terbayang dikit. Mohon didoakan ya hehe.

Comments

Popular Posts