Hal-hal Adiktif: Manga dan Drama



Jadi, ceritanya, gue punya suatu hal yang membuat gue ketagihan. Gak, kok. Ini tuh bukan karena dunia perkuliahan yang membuat diri merasa penat dan lelah lalu mencari pelarian. Gue emang dari dulu punya kesukaan (re: ketagihan) tersendiri terhadap hal-hal ini. Jadinya, daripada gue pendam sendiri, mending gue bagi bersama ke kalian semua, kan? Plus, ini lebih baik ketimbang ketagihan hal-hal yang buruk kayak narkoba atau nyemok, kan? he he he. ((padahal mah ini bahaya juga karena bikin males belajar dan terus kepikiran)).

Kalau kalian ngefollow tumblr gue, pasti kalian tau deh kegilaan gue terhadap hal-hal ini. Yup, I, Ameni Nazaretha, love to watch and read shoujo romance-related things. Kayak manga shoujo (manga cewek yang biasanya tentang romance anak SMA), drama korea, atau lain-lainnya. Dan, sebagai warga negara yang baik --- atau jahat ---, sudah sebagusnya gue merekomendasikan (atau bahasa kasarnya menyebarkan virus) manga-manga dan drama-drama yang gue suka belakangan ini, yang membuat gue setengah gak waras, senyum-senyum semaleman, ketawa sendiri, nangis baper, dan malas belajar serta gabisa ngerjain UTS. yuk, simak yuks!

#SHOUJO MANGA


apa sih tuh shoujo manga? kalau manga tau kan, komik jepang. Lah, shoujo? cewek? nah, kalau pengertiannya itu, shoujo adalah genre manga yang lebih menargetkan audience remaja cewek kayak anak sma gitu. Jadinya, biasanya ceritanya tentang kegalauan, cinta-cintaan, dan less action dibandingkan shounen manga. Intinya, jadi kayak drama korea versi komik deh.

kalau gue, sebenernya udah baca shoujo manga jauh sebelum gue suka nontonin drama korea. alhasil, lebih banyak manga yang gue baca daripada drama yang gue tonton. Tapi ga mungkin gue rekomendasiin semuanya, kan? Jadinya sekarang gue mau share shoujo manga yang paling gue suka aja nih! hehe.

Ao Haru Ride!
1. Ao Haru Ride - by Sakisaka Io.
aka Blue Spring Ride. 
Genre: romance, comedy, school, slice of life
Status: Completed, I Rate: 4/5

Ao Haru Ride ini manga pertama yang gue ikutin secara livetime (jadi gue baca ga nunggu complete, tapi gue kaya nunggu apdet gituu. sumpah kayak gitu asik dan bikin gue jadi ga terlalu bergantung(?)) Ceritanya tentang Futaba, cewek manis yang pengen punya temen, yang ketemu sama Kou, cowok temen SMAnya dulu-- yang dulu sempet dia sukain. Nah, keduanya jadi beda banget setelah lama gak ketemu, tapi... ya gitu deh!

Yang gue sukain dari manga ini adalah Kounya yang GANTENG BANGET ASTAGAH. parah. dan manis terus cool dan gokil banget. Kayaknya diatara semua hero di shoujo manga doi paling gue suka deh. Oh iya, Ao Haru Ride udah ada anime sama live actionnya, loh! Wajib banget nonton. Tapi habis itu, tetep harus namatin manganya, hehe.

hirunaka!

2. Hirunaka no Ryuusei - by Yamamori Mika
aka Daytime Shooting Star
Genre: romance, comedy, school, slice of life
Status: Completed, I Rate: 5/5

Manga ini ceritanya tentang gadis desa, Suzume, yang pindah ke kota. Di kota dia ketemu cowok random, yang ternyata adalah wali kelasnya, Shishio! Dan, dia juga punya temen baru (temen sebelahannya) yang anti banget sama cewek, namanya Mamura. nah, lama-lama mulai tumbuh deh cinta di antara mereka. Nah, kelanjutannya gimana tuh? Guru sama murid? Baca aja langsung yuk sis!

Yang gue suka disini, yaitu artworknya gila bagus banget. Selain itu, Yamamori-sensei juga bikin mereka jadi fashionable banget. Parah emang. Pokoknya baca manga ini tuh kayak lagi baca majalah fashion. Selain sensei sama mamura ganteng, Suzume sama temen-temen cewek yang lainnya juga cakep-cakep, apalagi bajunya! Gue suka sama rambutnya Suzume. Pokoknya wajib baca bagi kalian yang suka sama semacam reverse harem yang ga begitu gede (?), dan suka artwork elegan dan dewasa macam ni manga, yaampon heheh. MAMURA MANIS BANGET PARAH. Oh iya, live actionnya udh ada, loh!

horimiya!

3. Horimiya - by HERO & Hagiwara Daisuke
Genre: shounen, school life, romance, slice of life, comedy
Status: Ongoing, Rated: 4.5/5

Asik, ada manga SHOUNEN yang asli sumpah gokil banget dan romancenya dapet banget! Jadi ceritanya ada Hori Kyoko dan Miyamura. Mereka sama-sama punya rahasia atau sisi yang gak mereka tunjukin ke temen sekolahnya, dan somehow tiba-tiba mereka tau sisi itu satu sama lain. Yaudah, lama-lama mereka jadi sering hangout dan akhirnya tumbuhlah cinta, eyaaak. Dan yang gue suka, ceritanya gak melulu tentang mereka berdua. Tapi banyak banget, Ada tentang temennya (yang sumpah drama temennya lebih ribet lagi, gue lupa namanya siapa), ada tentang orangtuanya, dan tentang masa lalu si Miyamura.

Yang gue suka, manga ini gokil banget parah parah gila gak berhenti ketawa gue bacanya hahah. Tapi the problem is, tetep aja ini manga shounen, jadi kadang suka menjurus deh (meski sebenrnya banyak juga kok shoujo manga yang menjurus. kacau ya dunia). Oh iya. di awal cerita si Miyamura gondrong, dan gue sebel banget. Untung kemudian dia potong rambut, hahah. Wajib baca yang suka ketawa!


# KDRAMA

kalo ini mah pasti udah pada tau. Justru gue, baru ketagihan K-drama baru-baru ini. Bayangin aja, gue nonton BBF aja pas kelas 2 SMA. lol ga sih. Telat banget.

r1988

1. Reply: 1988 (tvN)
Genre: comedy, romance, family
Status: Completed, I Rate: 4.5/5

Takes place tahun 88, certianya ada gadis SMA namanya Sung Deok-sun dan beginilah kesehariannya di komplek rumahnya, Ssangmung-dong (cmmiw). Ada kakaknya Bo Ra yang resek, adeknya No-eul, papa mamanya yang berisik mulu, temennya Jung-pal yang suka nyebelin, Taek yang jenius tapi bloon, Sun-woo yang anak emas, dan Dong-ryong si anak orang kaya yang konyol tapi ternyata bijak.

Ceritanya bukan romance aja, tapi bikin mewek banget karena ya gitu! Episode satu aja gue udah nangis. Kalau menurut gue, ini lebih tentang family sih. Selain itu, drama ini bikin gue merasa kosong dan merasa tua, hahah. Selain itu, curhatan mama-mama dan bapak-bapaknya juga bikin baper. Tapi ya, tiap episode tuh beda dan jadi gaada jalan intinya. Rada ngebosenin sih pas di tengah-tengah karena feel nya rada ilang, tapi tonton nyampe tamat dijamin mewek lagi. Parah lah, gue berhari-hari merasa kekosongan di diri dan ngerasa rindu masa kecil banget gara-gara ini drama, padahal pas itu lagi UTS njiir.



2. You're all Surrounded (SBS)
Genre: action, comedy, romance
Status: Completed, I Rate: 4.8/5

Ceritanya tentang detektif nih, ditambah banyak misteri dan actionnya! Gue suka banget ini cerita, tapi masalahnya ceritanya aga kompleks jadi kalo dikasi takut spoiler. Kalau garis besarnya sih, ada empat orang maba (?) detektif yang bakal tugas di kantor polisi gangnam. nah disini ada cowok si lead rolenya, Eun Dae Gu (cmiiw). Doi punya masa lalu yang gitu deh, mamanya dibunuh right in front of his eyes, dan sepertinya dia join deektif biar tau si pembunuh ini siapa. PLUS, diantara keempat maba detektif (bukan literally maba ya cuma gue suka aja pake istilah ntu), ada temen SMPnya dulu! Si cewek, Uh-Soo-sun! HADUH. EEh sebenernya gue udah rada lupa cerita detailnya sih lol, soalnya nontonnya pas kelas 2 SMA. tapi intinya sih tau.

asiknya, selain action, ini juga gokil banget! persahabatan mereka kerasa, tapi romancenya juga kerasa. Tapi paling asik tetep aja misteri dan actionnya, sih. ps. GILA SUARA MURDERER NYA ITU LOH GILA SOMEHOW ENAK BANGET HAHAH.


3. Guardian: The Lonely and Great God (aka GOBLIN) (tvN)
Genre: fantasy, drama, romance, comedy
Status: Ongoing, Rated: baru mulai, tapi sementara ratenya 4/5 dulu deh

Jadi ceritanya, jaman dahulu kala... eya sebenernya gue aga ga ngeh sih pas bagian intronya hahah. Pokoknya yang gue tau intinya dia goblin, sekaligus guardian of the souls, dan dia gabisa mati dan bisa terus idup. Dia juga punya kekuatan gitu, dan dia cuma bisa mati kalau pedang yang nancep di tubuhnya (nanti lu ngerti kenapa bisa ada tuh pedang) ditarik sama pengantin goblin (sumpah abstrak banget kan), yang kebetulan adalah si Eun-tak, anak SMA kelas 3 yang hidup kayak cinderella, plus bisa ngeliat hantu. si Goblin ini juga tinggal sama grim reaper aka malaikat pencabut nyawa, dan mereka hobi banget berantem. Yaudah, intinya mungkin apakah si goblin bakal mati di tangan Eun-tak? Atu gimanagimanagimana?

Menurut gue, seru banget! Ditambah, si goblin abstrak kadang lucu kadang bae kadang nyebelin. Tapi gue rada gak suka sama sifatnya Eun-tak yang terlalu terus terang dan spontan tapi lama-lama gue udah terbiasa sih. Dan si Eun-tak ini lamalama jadi keliatan cantik banget. Oh iya, gue samaseklai gak ngerasa jijik loh, si ahjussi ini sama eun tak yang notabene anak SMA. malah lucu ngelihatnya, kenapa ya? mungkin karena si ahjussi ganteng dan mereka ngga related sama sekali, beda sama Shishio-sensei ama Suzume. ahahah. POKOKNYA HARUS NONTON!

Comments

  1. Sayang kuota wifi ret kalo w nnton kdrama hehe:(

    ReplyDelete
    Replies
    1. minta orang lah nuud, wkwkw gue aja banyak drama nih di lappy belum ketonton semua:")

      Delete
  2. Selamat Siang Mbak Ameni,

    Saya sedang blogwalking dan menemukan blog anda.
    Wah sekarang saya sedang kejar tayang nonton reply 1988 ^^
    Saya Soraya dari http://serumah.com.
    Saat ini trend berbagi ruangan/roomsharing sangat marak di kota besar. Kami berinisiatif untuk membuat situs pencari teman sekamar/roommate agar orang-orang yang ingin menyewa tempat tinggal (apartemen, rumah atau kost) dapat berbagi tempat tinggal dan mengurangi biaya pengeluaran untuk tempat tinggal. Berawal dari ide tersebut, website serumah.com diluncurkan pada awal tahun 2016.

    Saat ini saya meminta bantuan anda untuk menuliskan artikel review mengenai serumah.com di situs blog anda. Saya dan Tim Serumah sangat menghargai jika Anda bersedia untuk memberikan review terhadap website kami dan menerbitkannya di blog anda.

    Mohon hubungi saya jika ada pertanyaan lebih lanjut. Saya ucapkan terima kasih atas waktu dan kesempatannya.

    Soraya F.
    Cataga Ltd.
    soraya.serumah@gmail.com
    http://serumah.com/

    ReplyDelete

Post a Comment

Popular Posts