Hal-Hal Adiktif: Webtoon, Bikin Ketagihan Tiap Minggu (1)

Liburan telah tibaaa! Gutbay tas dan buku, alias pdf dan ppt presentasi EHE. Saatnya aku bersenang-senang, biarpun di rumah aja!

Jika di beberapa waktu yang lalu gue mengakui ketagihan gue akan Drama Korea dan Manga Shoujo, sekarang saatnya aku menebarkan racun lainnya! hiyaaaa

Ini adalah

LINE WEBTOON

Webtoon adalah portal webkomik yang berasal dari Korea, dan sudah ada sejak tahun 2005 di Korea. Sebenarnya, aplikasi baca webcomic saat ini sudah mulai banyak sih, bukan cuma Webtoon. Tapi memang sih, kalau menurut gue webtoon itu yang paling favorit, dan gue paling pertama kali dan paling sering baca webcomic dari Webtoon. Bahkan gue udah download aplikasi webtoon dari sebelum ada webtoon Indonesia official, dan sebelum ganti logo 😂 

Gue sendiri mulai mengenal konsep webcomic dan baca online comic (yang bener-bener online comic ya bukan komik yang discan lalu baca online, maaf padahal itu illegal 😭😭 mau gimana lagi banyakan yg bagus belum ditranslate ke indo) tahun 2014 di aplikasi webtoon. Karena seperti yang kalian tau, gue itu romace freak jadi webtoon yang gue baca awal-awal (Sampe sekarang sih) masih yang main genrenya romance, meski ada sih beberapa yang lain. Gue gak subscribe horror atau thriller yang super duper thriller karena ga suka hu hu hu, cuma kadang baca kalau penasaran. Jadi maap ya kalau kebanyakan yang muncul di entri ini yang romance dan B menurut kalian... gapapa lah ya.

So here we go.. my fave webtoon recs!

ps. gue akan menandai webtoon-webtoon di description "Webtoon Version" dengan maksud gak semua webtoon ini available di Webtoon Bahasa Indonesia, ada yang nongolnya di Webtoon English aja jadi gak bakal ketemu di webtoon Bahasa Indonesia. kalau mau cek Webtoon English, ganti bahasanya aja ya di setting!


Oke, pertama-tama, gue mau kasih judul-judul webtoon yang udah tamat dulu ya. Lumayan kan kalau liburan kalian pada gabut tuh /eh/, jadi daripada penasaran eh keburu masuk kuliah/sekolah lagi mending yang langsung tamat gak sih? wehehe

1. The Stories of Those Around Me (Korea)



Webtoonist: omyo
Genre: Romance, slice of life
Total of Chapters: 60
Webtoon Rating: 9.65
Webtoon Ver: English (ganti setting bahasa di Webtoon jadi English buat nemuin webtoon ini!)

Webtoon ini menceritakan tentang tiga sahabat, yaitu Jung-A, Mira, dan Summer, yang ketiganya berusia 25 tahun, dengan kisah mereka masing-masing. Jung-A udah tinggal sama pacarnya selama lima tahun, Mira single terus selama 7 tahun, sementara Summer punya pacar yang lucuk (bener-bener lucuk deh) tapi dia sendiri gak punya goal dan emm jobless, meski sebenernya dia nggak begitu mikirin hal itu, sih. Kurang lebih, webtoon ini menceritakan tentang kisah cinta mereka bertiga yang berbeda ceritanya, ditambah kisah orang lain yang di sekitar mereka. Semuanya mulai berubah ketika Mira pergi blind date, sisanya baca sendiri ya hehe.

Gue suka banget dengan artwork di webtoon ini! Gambarnya simpel, gak bikin pusing, dan entah kenapa heartwarming. Selain itu, cerita mereka juga tertata manis (meski ada beberapa momen yang bikin sedih huhu) dan realistis. Gue pribadi setelah tamatin ini webtoon langsung merasa hampa... Mungkin karena kisahnya yang bikin gue larut di dalamnya kali ya huhu. Untungnya, di saat seperti itu ada comment section yang bisa membuat gue merasa bahwa gue gak sendiri ngerasa sedih kayak gini💁


2. Your Letter (Korea)


Webtoonist: Hyeon A Cho
Genre: Drama
Total of Chapters: 10 + bonuses=12
Webtoon Rating: 9.92
Webtoon Ver: Eng, ID

Webtoon ini menceritakan tentang Sori, cewek yang baru pindah sekolah karena dibully di sekolah lamanya. Namun, sayangnya di sekolah barunya Sori juga agak susah bersosialisasi. Suatu hari, Sori menemukan ada surat di bawah meja sekolahnya. Melalui surat itu, banyak surat-surat lain juga yang membantu Sori dan memberikan pesan-pesan tertentu. Pesannya tentang apa, sih? Siapa yang ngirim itu surat? Yuk baca!

Webtoon ini bagus banget! Artworknya juga bagus, apalagi tempat-tempat yang didatangi Sori buat mencari surat. Selain itu, surat-suratnya juga keren dan bikin pensaran siapa yang kirim. Diantara webtoon korea yang udah tamat, gue paling suka ini!

3. LARA(S)HATI (Indonesia)


Webtoonist: Tupaikidal
Genre: Romance
Total of Chapters: 34 + bonuses = 40
Webtoon Rating: 9.63
Webtoon Ver: ID

Radi, remaja SMA asal Bandung, merasa kalau dirinya akhirnya ditolak Laras, pujaan hatinya sekaligus idola cowok-cowok. Setelah itu, tiba-tiba Radi diundang ke grup PEDAL alias grup Perkumpulan Ditolak Laras di LINE. Awalnya mereka membahas gimana cara deketin Laras sih, Radi masih oke. Tapi kok makin lama isi grup chatnya makin aneh? Yuk langsung baca!

LARA(S)HATI sendiri merupakan Webtoon yang berasal dari seri Cergaroma-nya kak tupaikidal di instagram (Cek aja @cergaroma). Gue sudah ngikutin dari jaman SMA, dan lucu banget emang mereka gemasss. Artworknya bagus, ceritanya unik juga meski sebenernya gue agak bingung hm. Tapi Radi dan Maya gemas sekali my ship (WARNING SPOILER /telat/). Oh iya, kelihatannya sih bakal ada S2nya. Doain aja ya huhu aku kepengen banget tahu lanjutan cerita mereka!

4. Love Doesn't Talk (Jepang)




Webtoonist: Ann
Genre: Romance
Total of Chapters: 58 + special = 59
Webtoon Rating: 9.74
Webtoon Ver: ID

Cerita dimulai dari Yuzuki Urasa, siswi SMA yang merasa bahwa temen sekelasnya, Kousei Kandouzi, gak suka sama dia alias benci. Tapi, tanpa disangka-sangka, Yuzuki "memergoki" Kousei dalam situasi yang gak mengenakkan! Setelah itu, tanpa disadari mereka kok malah makin akrab? Lanjutnya di webtoon ya~

Waw, webtoon Jepang yang pertama aku baca haha! Artworknya bener-bener juara, as expected sih dari mangaka Jepang. Selain itu, yang unik dari webtoon ini adalah gak ada dialognya sama sekali (kecuali dialog pas chat)! Jadi, selama baca webtoon ini ya pembaca menerka-nerka sendiri aja kira-kira mereka ngomong apa. Tapi justru disitu lah uniknya, mereka nggak ngomong apa-apa tapi tetap nyampe di hati pesannya ~~ suka!

5. Spirit Fingers (Korea)



Webtoonist: Kyoungchal han
Genre: Romance
Total of Chapters: 162 + bonuses = 168
Webtoon Rating: 9.90
Webtoon Ver: ID

Wooyeon Song adalah cewek SMA biasa aja, yang kerjaannya juga cuma belajar dan jadi murid baik-baik, tanpa ikut kegiatan aneh-aneh. Suatu saat, dia ketemu dengan seorang cowok yang akhirnya mempertemukannya dengan klub gambar corquis bernama "Spirit Fingers". Gimana ya, hari-hari baru Wooyeon di klub barunya?

Suka banget sama artwork dari webtoon ini! Bagus dan penuh warna hehe. Selain itu, plotnya juga bagus banget. Romancenya dapet, dan kekeluargaan serta character developmentnya juga dapet. Bikin mau merenung lagi soal cita-cita haha. Nam Pup juga gemaaaasss. Oh iya, bau-baunya bakal dibikin adaptasi drama koreanya loh. Kita tunggu aja ya!

6. #moments (Indonesia)



Webtoonist: Si Ona, Remaja Shoujo
Genre: Romance
Total of Chapters: 29
Webtoon Rating: 9.40
Webtoon Ver: ID

Webtoon ini merupakan gabungan dari beberapa cerita-cerita di sekeliling kita, alias hasil curhatan dari orang-orang lain! biarpun gak semuanya tentang romance. Gue paling suka dengan latarnya yang di Bandung dan sekitarnya (huhu my dream campus ITB). Dan gue juga suka banget sama artwork dan cara berceritanya, heartwarming!

Arc paling gue suka adalah Arc #CUMANTEMEN, jadi ceritanya ada Ara dan Arfin yang dipertemukan di suatu kepanitian pensi sekolahnya. Gemes banget tingkah mereka berduaa aaa.

7. Terlalu Tampan (Indonesia)





Webtoonist: Mas Okis, SMS
Genre: Comedy
Total of Chapters: 100 + bonuses = 103
Webtoon Rating: 9.72
Webtoon Ver: ID

Webtoon ini bercerita tentang Kulin, yang dilahirkan terlalu tampan dan bikin hidupnya susah. Dan gak cuma Kulin aja ternyata yang tampan, namun sekeluarganya mulai dari ayah, kakak, kakek, dan bahkan ibu-nya Kulin juga tampan! Beginilah keseharian Kulin yang kesusahan karena dirinya Tampan WKWK

WEBTOON INI ABSURD BANGET HAHAH gue suka karena membuat gue ngakak setiap episodenya! Leluconnya gak garing, biarpun plotnya maksa banget tapi tetep bikin ketawa. Buat yang mau ketawa silahkan baca webtoon ini! Oh iya, udah difilmin loh (biarpun gue agak gak suka karena kurang sesuai aja sama webtoonnya...)!


lanjut di next post ya geng, buat webtoon yang masih ongoing. see ya!

Comments

Popular Posts