Jalan2Menay! Keliling Jakarta yang Udah Tua

Halo kawan-kawanku, kembali lagi dengan menay disini! Ngeheh. Ini rekor sekali, saudara-saudara. Aku ngepost dengan selang dua bulan (post terakhir bulan Mei, ya?). M a n s t a p. Yap, saat ini gue telah menyelesaikan dua semester di faculty of nursing ini dan puji Tuhan gue masih hidup, sehat-sehat, gaada matkul yang ngulang, meski sebenernya ga dapet apa-apa dan takut banget karena semester 3 gue akan bertemu keperawatan dewasa apalah itu dimana kating-kating kalau mau nakutin para mahasiswa tingkat satu ngomonginnya selalu tentang ini (kalo kata mereka, KDKD-an). Yah, God bless me saja yha and wish me luck!

Nah, mau cerita lagi, nih. enaknya kuliah di UI aka uwiw, liburnya lebih panjang dari kampus-kampus pada umumnya! Entah kenapa. Gue udah libur sekitar awal juni kemarin (dan beberapa fakultas lain ada yang bahkan liburnya sekitar mei pertengahan atau mei akhir) dan baru masuk akhir Agustus. Which means, libur gue sekitar tiga bulan, o e m j i!!!!!!

Nah, dengan libur tiga bulan ini, gue enaknya ngapain, ya? Bosen juga kan, kalau nontonin drakor mulu, gak produktif. Jadi sebenernya beberapa hal yang ada di benak gue untuk liburan ini adalah:

  1. Bikin fanart, bikin art-account di instagram, merealisasikan Dear Vienna dalam bentuk komik dan makek koi yang gue selalu anggurin dari tahun kemarin 😭
  2. Lanjutin ini Baby in Love, Dear Vienna, dan bikin cerpen!
  3. Jalan-jalan ke berbagai tempat
  4. Beli mic jadi bisa ngecover dengan enak
  5. Baca novel
  6. Belajar bahasa lewat duolingo
tapi as usual sampai saat ini kebanyakan masih jadi wacana aja 😖

NAMUN!!!

Ada kabar menarik! Berhubung sekarang gue udah kuliah, entah kenapa mau jalan-jalan jadi leluasa banget. Jadi, ceritanya kan gue punya target untuk explore Jakarta dan sekitarnya (Pengen juga explore depok), tapi Puji Tuhan sih aku punya teman-teman yang bisa kuajak jalan-jalan keliling Jakarta! Heheheh.

Jadi sebenarnya ada dua sesi, sesi pertama gue jalan bareng anak-anak pertiwat (Mari (Akhirnya ketemu!), Susi, Olin, dan Novida). Sayangnya kita jalan-jalan di hari Senin, dan gue lupa kalau hari Senin itu destinasi wisata resmi milik negara tutup! Huhu. Akhirnya gabisa jalan-jalan banyak. Pelajaran bagi kita: Jangan jalan-jalan di hari Senin.

Jadi, ceritanya kita waktu itu mau jalan-jalan dadakan karena gue bosen banget di rumah. Ditambah, mumpung Susay si orang medan belom balik ke tanah batak kan, jadi sekalian aja ngajak dia jalan-jalan keliling Jakarta. (Dan gue telat karena salah naik jalur kereta, huhuhu.)

[Naik kereta dari Tgr ke Jakarta Kota: Lupak berapa, 3k atau 4k ya, pokoknya dibawah 6 ribu deh.
Trivia: Kalau kalian transit di tanah abang atau duri dan ingin cepat, kalian bisa ke Kampung Bandan baru nanti langsung caw deh ke jakartakota cuma satu stasiun! Tapi yaaa, harus rajin-rajin cek trafi demi mengetahui keberadaan kereta yang jarang ini]

yaaay kita sampai di stasiun jakarta kota! (pic from wikipedia)
Nah, bagi kalian yang belum tau, begitu kalian keluar dari stasiun ini, kalian bisa langsung nemuin kota tua, loh! Jadi bisa langsung cawww jalan deh.

Dijuluki "Permata Asia" dan "Ratu dari Timur" pada abad ke-16 oleh pelayar Eropa, Jakarta Lama dianggap sebagai pusat perdagangan untuk benua Asia karena lokasinya yang strategis dan sumber daya melimpah. (wiki) Dan di Kota Tua ini, ada banyak museum loh yang bisa kita kunjungi, kayak Museum Fatahilah, Museum Wayang, Museum Bank Indonesia, Nah, sebenernya kalau udah ke kota tua jadi banyak banget deh tempat yang bisa kita visit, bahkan kalo lo niat bisa juga ke Pelabuhan Sunda Kelapa. Sayangnya, kita lupa kalau hari itu hari Senin, jadi kita udah males duluan huhu. Anyway kalau mau tahu lebih jelas tentang kota tua langsung klik di sini!


kiri ke kanan: olin, gue, susi, novida, mari

Dan, setelah mengetahui fakta itu, kita bingung mau kemana. Akhirnya kita memutuskan untuk naik transjakarta dan pergi ke kedubes-kedubes, atas saran Marianna.

Tapi, entah kenapa kita mampir ke sarinah dulu. As you know, Sarinah itu mall tertua di Jakarta, heheheh. Tau lah pasti. Dan di Sarinah ini, gue baru mengetahui suatu hal yang unik --- dari Marianna juga. Jadi, ada coklat namanya Pipiltin. Nah, coklat ini ternyata rasanya adalah rasa rempah-rempah Indonesia. (ps ternyata dia bukan cuma chocolate bar si but also semacam resto/?) Terus gue nyoba yang rasa andaliman (bumbu khas bataknese kalau mau buat saksang), and DANG IT TASTES REALLY GOOD. sayangnya saat itu lagi nggaada chocolate bar rasa andaliman yang gede /? akhirnya ga beli, huhu. anw click here for more bout it!

Selepas dari pipiltin di sarinah, kita ke Institut Français d'Indonésie, semacam tempat les bahasa prancis, persiapan kalau mau studi ke prancis etc. And of course, free of charge. Disana juga ada perpustakaan kecilnya, dimana ada buku-buku dan literasi berbahasa prancis. As expected kita gaada yang ngerti😂 but overall tempatnya lucu banget, desainnya unik, ada kafe yang keren banget. Dn di depan juga ada mural menara eiffel gitu yang lucu banget!

Dan juga, gue barusan ubek-ubek websitenya. Ternyata emang suka ada pameran/seminar/apaaa gitu di saar-saat tertentu. Hm, kapan-kapan lagi deh!

cutest mural everrrrr


Nah, ketika waktu menjelang siang, kita makan siang di McD sharinah sambil mikir selanjutnya mau kemana. Inget McD sharinah jadi inget dulu pas masih kecil jaket gue pernah ketinggalan di sana, hahaha.

Lalu, dengan pemikiran amatir kami, akhirnya kita memutuskan buat melihat-lihat objek indah di Jakarta,(??) taman suropati.

Taman Suropati (awalnya bernama Burgemeester Bisschopplein)[1][2][3] adalah nama sebuah taman di Jakarta. Pada awalnya nama taman ini diambil dari nama wali kota Batavia pertama, G.J. Bisshop (1916–1920). Taman ini merupakan pusat kawasan Menteng, berada tepat di antara pertemuan tiga jalan utama, yaitu Menteng Boulevard (Jalan Teuku Umar), Orange Boulevard (Jalan Diponegoro), dan Nassau Boulevard (Jalan Imam Bonjol). Lapangan yang kini disebut sebagai Taman Suropati ini sejak tahun 1920 sudah menggantikan lapangan bundar yang luas dalam Rencana Moojen.[3] Taman Suropati, yang disebut-sebut sebagai titik nol Republik Indonesia,[4] menjadi taman yang rindang dan sejak beberapa tahun yang lalu dihiasi dengan patung-patung karya pematung dari negara-negara pendiri Perhimpunan Bangsa-Bangsa Asia Tenggara.[5] ((thanks to wiki!))

Bagus banget deh ini taman, dan kayaknya ini taman pertama yang gue kunjungi. Banyak burung merpati, dan nggak lupa sama rumah burungnya. Di taman juga banyak (beberapa si) Monumen yang dibuat oleh enam negara ASEAN. Selain itu, pohonnya yang rindang dan banyak serta rerumputan yang hijau juga air mancur bikin mata seger, deh!

Setelah itu, gak puas melihat taman di taman suropati doang, kita ke RPTRA Kalijodo. Naik bus gratis yang tingkat itu loh, bahkan kita lewatin tol. Mantap banget ya! Mayan bagus sih, cuma pas gue dateng toiletnya entah kenapa agak kurang. Dan emang masih sepi banget sih. Tapi pasti ni tempat asik banget buat para pengguna skateboard, rollerblade, dan semacamnya. Bagi kalian yang skateboarder gih kesini!

Di depannya juga ada ayunan dan mainan anak-anak lainnya, tapi kayaknya boleh untuk anak-anak aja deh, nanti kalau orang gede yang majn jadi roboh (padahal pengen bangrt maib ayunan:( ). Terus di pojokan juga ada batubatu buat terapi. Gue jalan di situ sama novida HAHAHHA so random dan sakid tapi enak!!

Oh iya, soal bangunannya sumpah estetik banget. Mantaf. Dan di bagian depan RPTRA ini ada gedung kecil kayaknya kalau ada kegiatan di situ. Mungkin ada kegiatan semacam mewarnai dan sebagainya di situ.

Hm, untuk hari itu gue ke tempat-tempat itu doang sih. Yaudah, tunggu Jalan2Menay selanjutnya ya!!!

Comments

Popular Posts