Mates

Tuesday, May 23, 2017

My Life as a College Student: Maba Survival Kit


Hellooo, people! M E N A Y  I Z  B A C K !!💕

Nah, inget kan kalau dulu gue pernah bikin post tentang My Life as a College Student? Gue rasa post itu nggak lengkap banget. Kalau post kemaren gue lebih banyak sesi curhatnya, kali ini gue berusaha agar post gue lebih dapat membantu para calon mahasiswa, untuk survive di dunia perkuliahan (padahal gue ketika sampai di detik ini masih megap-megap).

Sebelumnya gue mau ceita sedikit, gue saat ini adalah mahasiswa Fakultas Ilmu Keperawatan di Universitas Indonesia dan sudah di akhir semester dua. Gue ngekost di kutek, which is agak jauh dari RIK. Tapi gue bawa motor sih, jadi enjoy aja. Kalaupun ngga bawa motor, masih ada Bi-kun. hhehe.

Nah, karena gue mahasiswa baru 2 semester, jadi gue masih inget lah awal-awal jadi maba nih, untuk dishare ke kalian semuaaa! (eaaa) (eaaa)


1. OSPEK

Sejujurnya sih, gue dari dulu sampai sekarang masih ngga setuju dengan konsep ospek di indon yang membuat kita berada di banyak tekanan, diomelin dsb karena yaaa gak semua orang mentalnya kuat seperti baja hahahah, namun yaa begitulah tetap ada ospek. Tapi ada bagusnya juga sih, apalagi kalo tugas-tugasnya mencerminkan tugas kita pas kuliah nanti banget. Dan, ospek bikin kita lebih disiplin juga banyak temen!


  • Untuk ospek, bawa santai aja. jangan bawa stress. Semuanya guna kok hhehe. 
  • Cari temen, biar nggak ngerasa sendiri, karena ospek tuh saat yang tepat banget buat dapetin temen. 
  • Oh iya, untuk yang ngekost usahain kostannya jangan jauh dari kampus atau lokasi ospek biar nggak lelah. 
  • Jangan lupa sarapan, dan 
  • kerjain semua tugas ospek dengan bener ya karena sumpah deh kalo ospek gue sih guna banget tugasnya buat di kuliah nanti (belajar bikin LTM dsbdsb!)


2. PERKULIAHAN

Nah ini dia, saat yang kita tunggu! Untuk sekedar mengingatkan dan akan selalu diingatkan aja nih, kuliah tuh beda banget sama SMA. Di SMA kita terstruktur, jam sekian sampai sekian, jam sekian istirahat dan jam sekian pulang. NAH, kalo kuliah tuh lu bisa tiba-tiba masuk jam 8, besoknya jam 1 siang, kaco dah. Dan jaraknya juga biasanya ngga teratur, misalnya lu kelas jam 8 kelar jam 10 ntar tiba-tiba jam 4 ada kelas lagi. Dosen juga kalo ga masuk bisa tiba-tiba ngadain kuliah pengganti atau kuliah tambahan. Tapi, enaknya, kalian punya jatah absen, nih hehe. Tergantung tiap matkul dan tiap SKS sih, tapi pinter-pinter aja menejemennya kalo pengen bolos karena capek ato jenuh, harus bisa ngejar ketertinggalan lo dan harus tau lu udah absen berapa kali biar bisa tetep lulus!

  • Laptop penting banget. Untuk kerjain presentasi, LTM, makalah, dsb. Penting punya dan penting untuk dirawat!
  • Cari peer group, biar ngga capek dan ngga terbebani begitu dapet tugas dan kuliah yang banyak banget.
  • Jangan jadi deadliner, minimal udah baca soal atau udah kebayang atau udah ngerjain berapa soal atau berapa paragraf deh. Jangan jadi deadliner kalau lo pengen tugas lo totalitas!
  • Bingung, ya tanya! Gausa malu dibilang ambis, sik. Kan tujuan lu kuliah emang buat cari ilmu.

3. KESEHARIAN

Hauuhau, kalian ngekost? Atau pp (pulang pergi)? Atau rumah kalian sekitaran Tangerang/Bogor/Jakarta/Yang deket dengan kampus jadi nanggung banget kalau mau ngekost? Gue kasih niiih plus minus ngekost dan pp.

krl, teman setiaku almost every week. (source: yowayowacamera.com)

NGEKOST!
➕Jadi lebih enjoy karena kuliah deket tempat tinggal. 
Kalo ada jadwal kuliah yang nggak banget, bisa balik kost buat bobo dulu heheh.
Bisa ngerjain tugas di kampus nyampe malem, bisa dapet temen di kost, bisa minta temenin ngerjain tugas. bisa bebas organisasi juga!
Mau kemanamana juga enak karena lu sendiri yang ngatur! Belajar mandiri, istilahnya.
➖Bakal homesick banget awal-awalnya, yakin deh.
Boros! Keuangan jadi nggak teratur. Makan juga. Laundry segalamacem.
Boros biaya kost juga hahah.
Gaada yang merhatiin :( HAHAHA

PP!
➕ Lebih enjoy karena rumah sendiri!
Gabakal boros, keuangan teratur, makan disediakan wkwk
Ga bakal kesepian karena yaa dirumah pasti banyak orang kan
Hemat karena gaperlu keluar biaya kost!
➖ bakal CAPEK BANGET. Apalagi kalo udah pulang malem gara-gara nugas, organisasi, dsb.
kurang bergaul, karena kita harus mengejar kereta! sejaman perjalanan cuy gabisa nongsky dulu (makanya harus pinter ngatur nih)
Gabisa pulang malem :(

Oh iya, pikirin juga kalau keseharian kalian nantinya gimana. Mau makan apa, uang dikasih berapa? Mau bawa kendaraan nggak? Kalau gue bawa motor sih karena emang dari kostan ke kampus agak jauh, tapi kalo kostan kalian deket pintu masuk atau deket halte bikun mah mending gausa pake kendaraan sih. Cuma gaenaknya jalan-jalan jadi terbatas wkwk (gapapa si kan ada gojeque)


4. ORGANISASI

Nah, ini juga penting loh untuk aktif di organisasi. Gak harus yang gede-gede kayak BEM, DPM, dsb. Kayak ikut UKM, atau ikut kepanitiaan event, atau ikut paguyuban deh, itu juga bisa. Yangpenting dalam perkuliahan ini Jalin relasi sebanyak-banyaknya karena yakin deh pasti bakal guna banget di dunia kerja nanti. Tapi siih, yang penting lu niat dan bisa ngatur waktu dengan baik ya, hehe. Jangan sampai kuliah lu jadi berantakan gara-gara ngurusin organisasi sana dan sini!

Oh iya, jangan jaim juga sama kating. Justru relasi bersama kating atau kakak tingkat itu perlu banget, loh. Minta bantuan mereka biar kita lebih kebayang tugasnya gimana, blablabla, pokoknya intinya tetep jalin relasi yang banyak dan baik ya!



Heum, kayaknya segitu aja deh yang bisa gue share. Gue pribadi sih emang IP nggak bagus-bagus amat. Dan karena ada sesuatu yang lebih di prioritaskan, gue jadi nggak ikut kepanitiaan apa-apa di semester dua ini (Well, kecuali yang berbau pelayanan sih hehe). Karena kita kalo udah kepilih, nggak boleh lepas tangan gitu aja cuy. Harus tanggung jawab! Makanya pikir baik-baik kalau mau daftar kepanitiaan atau organisasi. Bisa jalaninnya, nggak?

Dah deh, segitu dulu. Semoga kalian keterima di kampus dan fakultas idaman, dan semoga bisa survive di hari-hari kuliah yang melelahkan ini, ya! Hidup mahasiswa!👍👍

anw! tips tambahan

  • kalau lagi bete jangan diem aja di kostan, pergi main kemana kek gitu ajak temen, atau nginep di kostan temen, atau jelajahi daerah baru lu di perkuliahan. Pokoknya jangan sendiri di kost nanti makin bete! (kecuali kalo lu emang tipe kopingnya dengan bobo huehue)
  • minta ke temen yang punya series, film, atau drama korea. biar kalau gabut dan gaada temen jalan ngga bengong doang di kostan. Tapi inget waktu ya, jangan sampe jadi kelewatan deadline atau kesiangan garagara begadang nonton drakor :")
  • minum multivitamin, biar stamina terus terjaga! apalagi buat lu yang nggak masak dan makanannya selalu makanan luar, terus buat lu yang suka pulang malem garagara jadi aktivis kampus dsb. kesehatan harus tetap yang nomor satu!

qotd sebagai penutup. hehehe. s e m a n g a t



1 comment :

  1. Jangan jadi Deadliner tidak berlaku bg mahasiswa tingkat hampir akhir mak. Udah kecapekan belajar, jd yagitu hahahahahahahaha tptp kalau masih maba harus semangat nya membara! Ntar aja letoy nya diakhir akhir aja, jangan dr awal udah letoy hahaha #abaikan

    ReplyDelete

finally! someone open this, lol. waitwaitwait, dont close it! please comment nicely, dont say harsh words, dont spamming. thanks, youre awesome! XD