Mates

Friday, March 24, 2017

Ayo “Isi Bensin” Diri di Pagi Hari!

ini nih penampakan "bensin" kita!


[biarpun maba vibes udah mulai memudar, gaada salahnya kan gue ngepost ini hehehey. Ini artikel buat magang BSOP FIK UI.]

“Kampus baru, almet baru, kota baru, dan kehidupan baru!”

Kembali lagi dengan semester baru! Pastinya akan banyak hal-hal baru di semester ini, terutama bagi kamu para mahasiswa baru angkatan 2016 yang akan menghadapi banyak hal baru. Untuk menyambut hal-hal baru tersebut, tentunya tubuh kamu membutuhkan banyak energi. Taukah kamu? Energi bisa kita dapatkan lewat sarapan di pagi hari. Tapi kenyataannya, masih banyak loh orang yang dengan sengaja melewatkan sarapan karena sedang sibuk atau hal mendesak lainnya.

“Aku memang sudah ngerasa sakit, sih. Ditambah, saat sarapan aku hanya makan sedikit karena buru-buru dan saat di kampus aku cuma makan somay,” Ungkap L, salah satu mahasiswa baru di sebuah universitas mengenai pengalamannya melewatkan sarapan. Karena hal itu, setelah L melaksanakan aktivitas di hari itu, ia merasa tidak fit dan akhirnya malah ngedrop.

Situasi seperti L ini pasti banyak ditemukan juga di beberapa kampus. Padahal, sarapan berdampak baik bagi kesehatan, sepertimembuat kita lebih mudah berkonsentrasi, memperbaiki mood, dan menghindari kita dari beberapa penyakit tertentu, seperti diabetes. Bisa dibayangkan dong, melihat pengaruh sarapan di atas, masih mau melewatkan sarapan? Jika kita tetap tidak sarapan, mungkin bisa jadi seperti L, atau bahkan lebih parah.

Tapi dengan padatnya kegiatan, sempat nggak ya kita untuk sarapan pagi hari? Tentu harus sempat, dong! “Aku memang selalu sarapan pagi-pagi di warung makan dekat kostan, karena biarupun ngekost kesehatanku tetap harus terjaga.” Begitulah kata I, seorang mahasiswa baru disebuah universitas yang sama dengan L. Kalaupun tidak sempat sarapan, I engaku bahwa ia selalu menyempatkan diri untuk membeli makanan atau membuat bekal untuk dimakan di kampus, loh.

Ingin seperti I? Tapi takut gemuk? Tenang, sebenarnya sarapan tidak bikin gemuk kok, asal dengan porsi dan gizi yang pas. Berikut ini beberapa pilihan makanan untuk kalian agar dapat mengawali hari dengan praktis dan ideal, tetapi tetap baik dan sehat!

1. Buah pisang.

dikombinasikan dengan roti dan dipanggang, mantap juga kan?

Si kuning ini mengandung karbohidrat yang dapat membuat kita merasa kenyang lebih lama, loh. Selain itu, pisang juga dapat meningkatkan kekebalan tubuh, mencegah penyakit jantung, mengatasi anemia, dan menurunkan berat badan.


2. Kentang rebus. 
ihiyy! ditambah keju, makin lezat!

Kentang rebus rendah akan kalori tetapi tinggi akan protein dan serat. Dapat disajikan dengan keju, saus tomat, brokoli, atau apapun sesuai selera kita! Bisa juga loh, ditumbuk halus jadi mashed potato.

3. 
tambah buah makin sehat!

Oatmeal, sereal gandum, atau makanan sejenis lainnya. Sereal seperti ini selain praktis dan cocok bagi kita yang sibuk, juga tetap bergizi.

4. 
jangan tinggalin dia, dong!
Tentunya, susu untuk menyempurnakan sarapan pagi kita. Untuk kamu yang tidak begitu suka susu, dapat diganti degan teh manis hangat.


Tidak sulit kan, menyempatkan diri untuk sarapan? Selain penampilan yang tetap terjaga, tubuh yang sehat dan bugar juga dibutuhkan para mahasiswa, khususnya mahasiswa UI agar dapat terus belajar dan berkarya membangun bangsa. Untuk itu, ayo kita sarapan demi modal untuk mengawali hari dan menjalani kehidupan yang lebih baik!

pictures source: google.com, tumblr.com

No comments :

Post a Comment

finally! someone open this, lol. waitwaitwait, dont close it! please comment nicely, dont say harsh words, dont spamming. thanks, youre awesome! XD