Fotografi

Seni memotret memang disukai semua orang. Tetapi untuk menghasilkan foto yang bagus dan pemandangan yang indah, tidak mudah tentunya. Inilah yang dinamakan dengan fotografi.



Fotografi (photography), adalah seni memotret foto/gambar. Banyak hal yang mempengaruhi bagus-tidaknya sebuah foto: mulai dari sudut pandang, obyek, sampai efek. Namun yang paling menonjol adalah kualitas warna dan pencahayaan. Karena tanpa cahaya, tak ada foto yang bisa dibuat.

Sebenarnya kita tahu, bahwa setiap orang di dunia ini pasti bisa memotret. Tinggal menekan tombol saja, apa susahnya? Tetapi, tidak semua orang dapat memotret dan menghasilkan foto yang bagus dengan komposisi gambar atau warna yang indah.

Hal yang paling penting yang kita butuhkan adalah “semangat”. Sebenarnya, fotografi tidak memerlukan kamera dan peralatan yang canggih, dengan semangat kita akan berusaha untuk bisa mencari pemandangan yang indah,dan terus berusaha tanpa putus asa demi sebuah foto luar biasa.

Yang kedua adalah pemandangan atau obyek yang ingin dipotret. Pilihlah obyek yang menarik dan unik, sehingga foto yang kita hasilkan dapat terlihat lebih menarik.

Yang ketiga, adalah kamera. Kamera yang paling praktis tentunya adalah kamera yang berada di telepon genggam tetapi kualitas gambarnya kurang memuaskan. Ada juga kamera pocket, superzoom dan SLR.

Menurut Ferry Ardianto seorang fotografer professional, foto yang bagus adalah foto yang informatif yang mencakup konteks dan komposisi (tata letak dan pencahayaan). Maksudnya , konteks berarti ada hal yang ingin divisualkan dengan jelas, misalnya tentang pemandangan.

Hobi fotografi memang terbilang mahal , tetapi tetu ada kepuasan tersendiri kepada para penyuka fototrafi. Maksudnya adalah perasaan bangga, puas, gembira ketika seseorang berhasil menghasilkan pemandangan yang bagus, itulah inti dari fotografi.


~Ameni 8a~ sumber: http://belajarfotografi.comze.com, http://belajarfotografi.com/, wikipedia

ini buat majalah sekolah sebenernya :p

143© amenay

Comments

Popular Posts